Beranda EVENT DRACULA BRAM STOKER Novel yang Menginspirasi Dunia Film Horor Lebih dari 160...

DRACULA BRAM STOKER Novel yang Menginspirasi Dunia Film Horor Lebih dari 160 Tahun

6
0
Klaus Kinski sebagai Count Orlog /Nosferatu 1979 Werner Herzog

GAMBARIDOEP.COM – Dracula adalah cerita horor gothic tentang tokoh yang hidup abadi dengan menghisap darah. Ditulis oleh Bram Stoker tahun 1881 dan baru selesai 7 tahun kemudian. Novelnya terbit pertama 26 Mei 1897, 164 tahun yang lalu. Diterbitkan oleh penerbit Archibald Constable & Company of Westminster di Inggris. Bram Stoker menulis novel Dracula dengan konsep dan struktur cerita yang meyakinkan sebagai sebuah true story.

Terdiri dari kumpulan dokumen buku harian Jonathan Harker tokoh yang terperangkap di kastil Pangeran Dracula, surat surat Wilhelmina Murray sosok perempuan yang dicintai Dracula kepada Lucy Westerna.

Dracula juga ditulis dengan mengkaitkan fakta sejarah tentang sosok yang bernama Pangeran Vlad III. Seorang pangeran yang tersohor kekejiannya. Ia digelari Vlad Sang Penyula. Menyula adalah menghukum dengan menusuk lewat dubur seseorang sampai tembus keatas. Kisah Dracula ini juga dihubungkan dengan peristiwa ekspansi Kesultanan Ottoman Turki ke Eropa Timur.

Kemudian diketahui bahwa beberapa bab didalam novel Dracula berasal dari kejadian sesungguhnya dikutip dari berita koran yang tersimpan di Perpustakaan Museum Whitby (terdamparnya kapal The Demeter yang mengangkut kargo misterius peti peti berisi tanah dan munculnya anjing besar berasal dari berita terdamparnya kapal Dmitri dari Varna/ Eropa Timur ).

Cerita tentang sosok penghisap darah sesungguhnya sudah ada dalam mitologi kuno. Istilah Vampire untuk menamakan sosok ini baru mulai populer abad ke 18 dengan masuknya legenda Vampir dari Eropa timur dan Balkan ke Eropa Barat. Di Eropa timur beredar kepercayaan mahluk yg mirip Vampire a.l Strigoi di Rumania dan Vrykolakas di Yunani. Di Kalimantan misalnya dipercaya adanya Palasik perempuan penghisap darah. Di seluruh budaya didunia mempercayai sosok penghisap darah dalam banyak versi tampilan.

Walaupun abad 18 disebut sebagai abad Pencerahan dengan masuknya agama Kristen tapi kepercayaan tentang Vampire terus tumbuh. Kepercayaan yang berasal dari agama pagan tentang sosok ini tidak pernah hilang.

Kata Vampire muncul pertama kali tahun 1732 bulan Maret di London Jurnal. Sebuah kata yang tidak dikenal sebelumnya diambil begitu saja dari sebuah laporan atas kejadian aneh didaerah terpencil di Hungaria. Di desa Medreyga para petani menuntut digali kembali jenazah Arnold Paul yang telah sebulan dikubur karena membawa petaka dan membunuh ternak. Diketahui kemudian jenazah Arnold Paul masih tampak segar dengan perut kembung berisi darah dan ada setetes darah di bibirnya. Para petani disaksikan perwakilan pemerintah menusuk dada jenazah Arnold Paul dengan kayu didadanya dan membakar mayatnya. Mereka menyebut fenomena itu sebagai Vampire. Mitologi pagan budaya budaya besar didunia : Cina, Jepang, India, Jazirah Arab hingga Indonesia percaya mahluk mitologi ini.

Sebetulnya yang membangun basic profil mahluk ini adalah John Polidori dalam karangannya The Vampyre (1819). The Vampyre dipercaya mengilhami karya karya berikutnya. Namun karya Bram Stoker, Dracula disebut sebagai karya klasik yang membangun citra Vampire Modern. Seperti disebut diatas Bram Stoker mengubah mitologi kaum proletar menjadi aristokratik (Hal ini juga yg membuat istilah Vampire digunakan untuk menjuluki kaum feodal dan penguasa yg menghisap menjadi parasit dan menciptakan kemiskinan rakyat ).

Bram Stoker telah menghidupkan dengan sangat meyakinkan tokoh horor di abad modern. Berbarengan dengan itu industri film sedang tumbuh pesat dan kisah Vampire dalam sosok Dracula dianggap muatan sangat komersil. Dracula baik berbasis karya Bram Stoker maupun interpretasi lain muncul dalam banyak judul film.

Nosferatu (1922 ) film jerman adaptasi dari Dracula Bram Stoker dianggap film pertama Dracula. Nama nama dan beberapa adegan dirubah karena studio tidak memperoleh hak cipta. Disutradarai F.W Murnau dibintangi Max Schrek sebagai Count Orlok ( Count Dracula), John Gottowt sebagai Prof Bulwer ( Prof Van Helsing ), Gustav von Wangenheim sebagai Thomas Hutter ( Jonathan Harker ) dll. Diputar tahun 1929 di Amerika Serikat masih dalam format film bisu sebagai gantinya menggunakan title.

Setelah Nosferatu dunia terserang demam film bertema vampire. Beberapa film tentang Dracula/ vampire maupun interpretasi baru yg patut ditonton a.l : 1931 Dracula film Vampire Amerika dari novel Bram Stoker. Diproduksi oleh Universal Picture berdasarkan drama panggung bersumber novel yang sama karya Hamilton Deane dan john L Balderston. Disutradarai Ted Browning dibintangi Bela Lugosi sebagai Count Dracula. Rilis pada 12 Februari 1931 di New York. Bela Lugosi aktor Hongaria yg menjadi terkenal karena perannya sebagai Count Dracula baik di panggung maupun filmnya.

Dracula 1958

Tahun 1958 Hammer Film Production Inggris memproduksi film yg terinspirasi Dracula Bram Stoker dengan judul Horror Of Dracula untuk membedakan dengan film Dracula Bela Lugosi. Film ini mempopulerkan dua pemain pentingnya : Christoper Lee sebagai Count Dracula dan Peter Chusing sebagai Prof Van Helsing. Horror of Dracula dilanjutkan sekian sequel dalam berbagai interpretasi namun selalu dibintangi Christoper Lee sebagai Count Dracula dan Peter Chusing sebagai musuh bebuyutan Dracula : Prof Van Helsing.

Begitu populernya sequel sequel film Dracula yg dibintangi Lee dan Chusing sehingga dua aktor ini identik dengan tokoh yang diperankannya. Begitu juga di Indonesia Lee berarti Dracula. Horror of Dracula disutradarai Terence Fisher.

Tahun 1960 diproduksi film berbasis dari naskah asli dengan pengembangan lain. The Bride of Dracula menampilkan kisah para perempuan Dracula di kastil dimana Count Dracula mengurung Jonathan Harker. Peran Prof Van Helsing tetap dimainkan Peter Chusing.

Tahun 1966 dibuat sequel lain dari Dracula Hammer begitu seri Dracula produksi Hammer disebut. Seperti disebut diatas peran Christoper Lee dan Peter Chusing tidak tergantikan sebagai Dracula dan Prof Van Helsing.

Puncak film Dracula yang setia kepada naskah asli Bram Stoker berjudul Dracula disutradarai Francis Ford Coppola tahun 1992. Untuk membedakan dengan begitu banyaknya film berbasis vampire film ini sering menggunakan judul Bram Stoker Dracula. Ini juga untuk memberikan identitas sebagai film Dracula yang paling setia terhadap novel Bram Stoker setelah film film pertama Dracula Bram Stoker.

Coppola memasukan unsur menarik yang beberapa diantaranya tidak dianggap penting di film film awal Dracula. Siasat Pasukan Turki mengalahkan Count Dracula / Pangeran Vlad III. Pangeran Vlad III yang menganggap dirinya berperang sebagai pengawal setia agama Kristen bersumpah menjadi anti Kristus karena kekecewaan atas bunuh diri istrinya karena penipuan Pasukan Turki.

Coppola memberi gambaran bagaimana Pangeran Vlad Sang Penyula berubah menjadi Count Dracula. Kecintaan Count Dracula kepada istrinya adalah alasan terbesar Count untuk kembali hidup dalam masyarakat manusia ketika Count bertemu perempuan yang dianggap reinkarnasi istrinya. Karena itu Coppola memberi subhead ” Love Never Dies ” di film Bram Stoker Dracula. Disamping kengerian visual mahluk penghisap darah Dracula adalah cerita tentang cinta abadi yg terus dicari Dracula lewat keabadian hidupnya.

Karakter aristokrat Dracula yang kuat dibangun novelnya secara luar biasa dibangun oleh Coppola lewat kostum (memenangkan best desin kostum akedemi Award ke 165), tata rambut dan make up. Tidak cukup dengan itu Coppola juga membangun kehidupan borjuis kota London lewat artistik dan kostum pemain ( secara mengejutkan dengan pantas memakaian kacamata gelap kepada Count Dracula ) dan moment penting era itu menonton film bisu yg hanya bisa dinikmati kelas atas kota London.

Gary Oldman sebagai Count Dracula

Film ini dibintangi deretan pemain besar a.l Gary Oldman / Count Dracula, Anthony Hopkins / Prof Van Helsing, Keanu Reeves / Jonathan Harker, Winona Ryder/ Mina dll. Bram Stoker Dracula – Francis Ford Coppola sampai saat ini menjadi film Dracula terbaik yg berbasis novel Bram Stoker.

Coppola secara luar biasa mampu menghidangkan horror gothik dengan keindahan yg mengerikan. Bram Stoker Dracula dalam visual versi Coppola menjadi puncak film Dracula yg berbasis novel asli.

Film ini mungkin untuk sementara menghentikan film Dracula yg setia pada novel aslinya. Namun film yang terinspirasi Dracula / Vampire tidak pernah berhenti diproduksi. Beberapa yg patut diacungi jempol a.l :

Nosferatu Werner Herzog 1979/ist

1979 Salem Lots dalam versi layar lebar dan mini seri TV. Diangkat dari karya Stephen King disutradarai Tobe Hooper. 1987 The Lost Boys sutradara Joel Schumacher. 1996 From Dusk Till Down sutradara Robert Rodriguez, cerita Quentin Tarantino.2002 Queen of the Damned adaptasi dari novel Anne Rice, sutradara Michael Rymer. 2004 Van Helsing sutradara Stephen Sommers dibintangi Hugh Jackman. 2007 30 Days of Night sutradara Daniel Slade diangkat dari Komik dengan judul sama. 2008 Twilight dari novel Stephani Meyer, sutradara Chaterine Handwiche. 2011 Priest sutradara Scot Stewart diangkat dari komik Korea. 2012 Underworld Awakening sutradara Marlind / Stein dan Abraham Lincoln: Vampire Hunter sutradara Timur Bekmambetov.

Diluar Hollywood tahun 2008 Swedia merilis film vampire romantik Let The Right One In disutradarai Thomas Alfredson. 2014 film Vampire barat Iran pertama dirilis. Berasal film pendek dengan judul yg sama ditulis dan disutradarai oleh Ana Lily Amirpour.

Selain film vampire dari budaya barat bermunculan film vampire dari tradidi timur. Film film bertema ini dari Jepang, Cina, Korea, Thailand dll diperkaya dengan muatan tradisi kepercayaan lokal.

Masih banyak film yang terinspirasi Dracula / Vampire. Namun film Dracula yg pesan ceritanya berbeda sudut pendekatan adalah Interview with the Vampire : The Vampire Chronicles yg dirilis pada 11 Maret 1994. Film ini adaptasi dari novel Interview with Vampire karangan Anne Rice 1976.

Interview with the Vampire sebuah film Dracula / Vampire dari seorang putus asa yg dijadikan Vampire oleh Vampire yg berusia 200 tahun kemudian justru menggugat keabadian yg dia peroleh. Sifat manusia memberi kesadaran tentang fitrah manusia yg memang tidak abadi dan itu adalah karunia.

Selain film layar lebar Televisi juga diramaikan oleh serial Dracula/Vampire a.l : 1997 Buffy the Vampire Slayer dibuat dalam 7 sesion. 2008 True Blood adaptasi dari novel The Southern Vampire Mysteries karya Charloine Harris. 2009 The Vampire Diaries sebuah adaptasi dari karya L.J Smith dibuat dalam 8 sesion. 2013 The Originals dan Dracula yg diproduksi di London ditayangkan di NBC. 2020 Dracula produksi BBC dan Netflix.

Maret 2020 tayang juga di Netflix sebuah seri Vampir produksi Perancis berjudul Vampire.
Tidak ada sebuah Novel seperti Dracula karya Bram Stoker yg seperti tokoh utamanya hidup abadi. Hampir 2 abad novel ini mempengaruhi dan mendorong dibuatnya begitu banyak film dalam berbagai versi. Novelnya sendiri terus di terjemahkan dan di produksi ulang saat ini.

Sebuah strategi yg cerdas dilaksanakan agar novel yang terbit pertama tahun 1897 ini terus bisa dinikmati generasi baru. Tampaknya novel klasik kuno ini ditulis ulang setiap periode menyesuaikan perkembangan bahasa yang terjadi. Bayangkan tidak mungkin kita mampu menikmati tatabahasa yang dipakai oleh sebuah novel yang terbit hampir 200 tahun yang lalu.

HEMAWAN RIANTO -GAMBARIDOEP.COM 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here